Membangun Kegemaran Membaca Melalui Kegiatan Volunteering Jakarta

Membangun Kegemaran Membaca Melalui Kegiatan Volunteering Jakarta

Membaca lebih dari sekadar menambah wawasan, kegiatan tersebut juga menjadi pengingat lupa dan memantik semangat tetap menyala. Ada untaian kata yang tersusun penuh makna, menembus alur pikiran manusia. Tajamnya pena memang nyata. Meluaskan cakrawala melampaui raga.

Dalam rangka menumbuhkan dan meningkatkan minat baca, teman-teman Career Class menginisiasi komunitas @terus.membaca pada tahun 2022 lalu. Komunitas ini dibentuk untuk melanjutkan aktivitas diskusi buku yang sebelumnya diwadahi oleh klub Bookdragon yang ada di Career Class.

Terinspirasi dari keseruan Silent Book Reading dan Baca Bareng seperti komunitas @terus.membaca, pada kegiatan Volunteering Day di Jakarta pada tanggal 7 April lalu, Dreamdelion melalui Career Class berkolaborasi dengan Yayasan Indonesia Hijau mengadakan kegiatan serupa bersama adik-adik binaan di lapak pemulung yang berlokasi di Jati Padang, Jakarta Selatan. 

Selain di Jakarta, peserta Career Class juga mengadakan kegiatan serupa di Panti Asuhan Al Muhsinin, Pekanbaru. Dari awal kami datang, pengurus dan adik-adik di panti sangat antusias menyambut kami. Mereka juga sangat berbinar ketika kami memberi paket buku, yang ternyata belum ada di sana. Waktu kami berdongeng dan main games, adik-adik juga sangat aktif dan bahagia sekali.”, Novi Ahimsa menceritakan keseruan agenda bersama para penerima manfaat.

Berdasarkan cerita dari Kak Echy, selaku pengurus dari Yayasan Indonesia Hijau (YIH), ada anak-anak yang putus sekolah sehingga mereka mendirikan sekolah bersama pada sebuah tempat dengan peralatan belajar ala kadarnya. Tetapi, semangat belajar mereka luar biasa.

“Alhamdulillah terima kasih kakak-kakak Career Class, kami sangat senang hari ini adik-adik belajar gerakan sholat, mengikuti silent book reading, adik-adik juga terlihat senang sekali mengikuti kegiatan yang dilaksanakan. Semoga apa yang dicita-citakan oleh adik binaan kami tercapai dan kakak-kakak juga selalu diberikan kemudahan dalam segala urusannya.” ujar Kak Riha dari perwakilan YIH.

Hal seru lainnya juga telah dilakukan sepekan sebelumnya, teman-teman di Jakarta Pusat terlebih dahulu ikut melaksanakan volunteering day di Graha Yatim dan Dhu’afa (GRAY), Cempaka Putih. Di sana, rancangan agenda disusun lebih fun untuk menghibur peserta kegiatan. Ada dongeng tentang puasa di bulan Ramadan dan Takjil Battle yang seru banget!

Melalui takjil battle, anak-anak mendapatkan pengalaman baru menyiapkan takjil bersama-sama dari bahan yang disiapkan dengan saling bekerja sama dan gotong royong. Keceriaan dan kekompakan mereka menyelesaikan challenge menambah kehangatan suasana menjelang berbuka puasa.

“Selalu menyenangkan setiap melihat anak-anak peserta volunteering menerima kehadiran kami dan mengikuti kegiatan yang disiapkan. Ada perasaan tak ternilai bisa membuat acara bukan dalam konteks profit namun dengan semangat membara dan tulus. Moment bulan Ramadan, semakin memotivasi untuk melakukan berbagi dan kebaikan”, tutur Amri selaku penanggungjawab kegiatan volunteering day regional Jakarta Pusat.

Dari kegiatan baca bareng sampai takjil battle, menyadarkan kita bahwa sekecil apapun kebaikan yang diberikan dengan tulus akan mendatangkan perasaan tentram dan penuh kedamaian hati. Menjejak makna Ramadan lebih berarti dengan berbagi. Penerima manfaat yang didominasi anak-anak menyatakan kegembiraannya, “Senang sekali, apalagi ada games sama hadiahnya. Ngabuburit jadi nggak kerasa tiba-tiba sudah waktunya buka puasa. Terima kasih, kakak-kakak!”

Penulis : Tim Dreamdelion


Kembali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *