Dreamdelion

EnglishIndonesian
EnglishIndonesian

Dreamdelion Mengubah
Tantangan Sosial Menjadi
Peluang Bertumbuh
Bagi Masyarakat Marginal​

Connect - Collaborate - Impact

Play Video

Dreamdelion Mengubah Tantangan Sosial Menjadi
Peluang Bertumbuh Bagi Masyarakat Marginal

Connect - Collaborate - Impact

Play Video

Tentang Kami

Yayasan Dreamdelion Indonesia adalah organisasi nonprofit yang berdiri sejak 18 Juli 2012. Kami berfokus pada pemberdayaan masyarakat melalui program pendampingan dan peningkatan kapasitas dalam bidang pendidikan, pengembangan ekonomi lokal, dan pelatihan kepemudaan. Aktivitas yang dilakukan oleh Dreamdelion bertujuan untuk menciptakan dampak sosial positif terhadap tantangan sosial yang dihadapi oleh masyarakat sasaran.

Visi Kami

Menciptakan perubahan sosial melalui peran anak-anak muda, masyarakat lokal, dan komunitas setempat.

Misi Kami

Sejarah Kami

Program pertama kami adalah Dreamdelion Manggarai, kegiatan pemberdayaan masyarakat yang berfokus pada pengembangan karakter anak dan dilanjutkan dengan pengembangan usaha sosial yang memberdayakan ibu-ibu di Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan sejak 2012 hingga 2016. Dreamdelion mengajarkan ibu-ibu di bantaran Kali Ciliwung di Kelurahan Manggarai untuk mengolah sampah menjadi suatu kerajinan yang dapat dijual. Selain itu, Dreamdelion juga berfokus pada kesehatan, pendidikan, dan lingkungan dengan melibatkan masyarakat setempat, komunitas, maupun perusahaan hingga terbentuk program Dreamdelion Cerdas, Dreamdelion Sehat, dan Dreamdelion Kreatif.

Dreamdelion melakukan ekspansi ke daerah Moyudan, Sleman, Yogyakarta, tepatnya di Dusun Sejati Deso, Desa Sumberarum dengan program pemberdayaan masyarakat untuk melestarikan tenun stagen dan membuat desa pariwisata. Sebab nilai ekonomis tenun stagen yang terus menipis, Dreamdelion melakukan inovasi dengan mengubah tenun polos menjadi tenun yang lebih berwarna dan unik. Proyek ini diberi nama Tenun Stagen Pelangi dengan kelompok usaha bersama bernama Pelangi Sejati.

Tidak berhenti di situ, masyarakat juga diberi pelatihan untuk mengubah kain stagen menjadi produk turunan berupa tas, dompet, bros, sepatu, dan produk kreatif lainnya, yang harganya lebih tinggi daripada saat masih dalam bentuk kain. Produk kreatif tenun tersebut kini telah terjual ke berbagai kota di Indonesia dengan harga mencapai ratusan ribu hingga jutaan, tergantung produk turunanya. Untuk lebih meningkatkan nilai jual stagen, Dreamdelion juga mengajarkan pewarnaan secara alami dari pohon mahoni yang tumbuh di desa tersebut.

Pada tahun 2016, tenun stagen pelangi diikutsertakan dalam pameran Stagen, Start Again yang berlangsung beberapa hari di dua kota, tepatnya di Bentara Budaya Jakarta dan Bentara Budaya Yogyakarta dengan tema Weaving for Life. Pada awal tahun 2020, Dreamdelion melakukan tahapan terakhir yaitu exit setelah melewati tahapan terminasi. Walaupun kegiatan Dreamdelion di Yogyakarta sudah berakhir, Pelangi Sejati sampai saat ini masih bekerja sama dengan produk Elok By Ibu, yaitu program pemberdayaan perempuan kolaborasi Dreamdelion dan Bank Indonesia DKI Jakarta.

Selesai dengan program Dreamdelion Manggarai, di tahun 2017 Dreamdelion mempunyai wilayah binaan baru di Rusunawa Pinus Elok, Blok A, Cakung, Jakarta Timur. Pemberdayaan yang dilakukan berfokus pada pendidikan dan pengembangan karakter anak-anak di rusun melalui program Sanggar Belajar yang dilaksanakan setiap hari Minggu.

Di tahun yang sama, Dreamdelion berkolaborasi bersama komunitas Kampung Dolanan Surabaya memberdayakan masyarakat khususnya ibu-ibu untuk mengolahan limbah dan barang bekas dengan cara yang kreatif, di antaranya menyulap bahan bekas menjadi suvenir dan melaksanakan FESBUK (Festival Ibu Kreatif) berupa kegiatan bazar, workshop daur ulang, dan fashion show dari kostum daur ulang. Salah satu hal unik yang ada di Festival Ibu Kreatif adalah fashion show yang diperagakan ibu-ibu di atas rel kereta api, karena masyarakat sasaran adalah warga yang tinggal di tepi kereja api, tepatnya di Jalan Kenjeran IV-C, Kelurahan Simokerto, Surabaya. Lebih lengkap mengenai Festival Ibu Kreatif dapat di baca di sini.

Selain di Jakarta dan Surabaya, Dreamdelion juga mengadakan program di Puncak Simun, Sukaresmi, Cianjur. Bekerja sama dengan Yayasan Tunas Bangsa, Dreamdelion melaksanakan Festival Mentari yang terdiri dari kegiatan cek kesehatan gratis, lomba 17 Agustus, dan penampilan seni dari siswa Yayasan Tunas Bangsa. Kolaborasi dalam bidang pendidikan ini disebabkan tingkat putus sekolah yang tinggi, hanya 7 dari 21 siswa SMP yang melanjutkan ke jenjang SMA. Berbagai alasan diutarakan oleh anak-anak di sana, di antaranya karena harus membantu orang tua di ladang, jarak sekolah yang jauh, biaya pendidikan, atau menjaga adik-adiknya di rumah, ini menyebabkan mereka tidak berani bermimpi dan berusaha meraih cita-cita. Festival Mentari mencoba menanamkan semangat melanjutkan sekolah kepada anak-anak setempat agar terwujud generasi bangsa yang berani mewujudkan mimpinya.

Di akhir tahun 2018, Dreamdelion bekerja sama dengan Bank Indonesia DKI Jakarta menjalankan program Smart Rusun, yaitu pemberdayaan masyarakat yang berfokus pada pembangunan ekonomi dan pemberdayaan perempuan dengan wilayah binaan di Rusunawa Pinus Elok, Cakung. Kegiatan yang dilakukan adalah mengajarkan Ibu-Ibu Rusun Pinus Elok untuk menjahit dan menghasilkan produk suvenir dan home living bernama Elok by Ibu.

Program di Rusunawa Pinus Elok telah dimulai sejak tahun 2017 melalui program Sanggar Belajar bagi anak-anak, kemudian berlanjut dengan Elok by Ibu untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarga yang tinggal di rusun melalui usaha sosial berkelanjutan yang kini telah mampu berjalan secara mandiri.

Setelah sukses dengan Elok by Ibu, Dreamdelion sebagai implementing partner dari Bank Indonesia melaksanakan proyek percontohan Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Inklusif Berbasis Kelompok Subsistence di delapan wilayah di Indonesia, yaitu Jember, Solo, Semarang, Batam, Palu, Palembang, Jambi, dan Kalimantan Barat.

Dreamdelion berkolaborasi dengan komunitas memberdayakan masyarakat sasaran melalui berbagai pelatihan, baik secara daring maupun luring, serta mempertimbangkan pemanfaatan potensi lokal di masing-masing wilayah.

Dreamdelion resmi mendirikan Rumah Sejati di Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur untuk kegiatan berbagai program pemberdayaan, di antaranya yaitu Rumah Sahabat Al-Quran untuk 500+ santri, kegiatan sedekah setiap bulan, dan kegiatan Jajal Wae Movement yang berfokus pada pengembangan usaha sosial bernama Jajal Wae Food dan Jajal Wae Trip, di mana kami memberdayakan ibu-ibu sekitar. Kegiatan di Ngawi telah dimulai sejak 2019 dengan program beasiswa untuk 30 siswa SMK dan di tahun 2020 dengan program taman baca dan tempat mengaji.

Kami akan terus berkembang dan berbenah untuk mewujudkan dampak positif yang lebih luas. Nantikan cerita kami selanjutnya, ya!

× Mari berkolaborasi!