Dreamdelion

Finalis UMi Youthpreneur Competition Mendapatkan Pendampingan Dreamdelion

Kolaborasi Dreamdelion dan Pusat Informasi Pemerintah (PIP) untuk membentuk wirausahawan muda yang mandiri dikemas dengan kegiatan bertajuk UMi Youthpreneur. Kegiatan ini diawali dengan pelatihan terkait inisiasi bisnis selama dua hari, dilanjutkan dengan pendaftaran kompetisi yang menyaring 6 finalis terbaik untuk diberi pembiayaan, pendampingan, serta pengawasan perkembangan usaha dari tim pendamping langsung dari PIP.

Setelah tahap pendaftaran, didapatkan 10 kelompok peserta yang akan mempresentasikan ide bisnisnya kepada tim juri dari PIP. Dreamdelion hadir memberi pendampingan berupa melatih pembuatan presentasi yang menarik, teknik komunikasi presentasi, 1-on-1 coaching clinic sebanyak 3 kali terkait dengan pengembangan usaha masing-masing finalis, serta presentasi 1-on-1 sebelum babak final. Dalam fase ini, Dreamdelion juga mendorong peserta untuk mampu mewujudkan ide usaha yang dimiliki dengan mewujudkan prototipe produk berkualitas terbaik di babak final.

Kegiatan penjurian 6 besar dilakukan dengan mempertimbangkan pengalaman usaha, visi, dan kepribadian finalis. Pada tahap ini, para peserta mampu memperkenalkan produk usahanya dengan percaya diri, memiliki alasan yang kuat untuk mengupayakan perbaikan pada usaha yang dijalankan, serta mampu menampilkan diri dan usahanya dengan sangat baik. 

Berdasarkan penilaian presentasi final, terpilih 6 finalis untuk Pemenang UMi Youthpreneur Competition 2022, mereka adalah Sintia Fauziah (Ijoy.yo – Hampers Paket Berkebun), Sonya Suci Ramadhani (Senja.zw – Sabun dan Deodoran Alami), Nurita Wahyuni (i-Lobster – Budidaya Lobster Ikan Tawar), Luthfy Al Razieb (Purun Borneo – Organic Straw and Cup Holder), Sayyida F. (Dreamclean – Furniture ecobrick Ramah Lingkungan), Nurul Faiqoh (BION Kids – Mainan Edukasi Sains & Montessori).

Kepada seluruh pemenang ini dilakukan pendampingan dengan tiga kurikulum utama, yaitu pengembangan produk, pencatatan usaha, dan perluasan pasar. Serta untuk menjamin keberlanjutan usaha, akan dilakukan monitoring secara berkala dan evaluasi di akhir setiap peserta. Peserta juga akan membuat rencana aksi, nantinya Dreamdelion selalu terbuka untuk berdiskusi dengan para pemenang. Pada acara penghargaan yang dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2022, Sintia Fauziah, pemilik bisnis Jjoy.yo mengucapkan rasa terima kasih kepada penyelenggara kegiatan dan berharap usaha yang ia miliki dapat berkembang dan memberi manfaat lebih luas lagi.

Penulis: Selma Mutiarahma

× Mari berkolaborasi!
Share via
Copy link