Dreamdelion

EnglishIndonesian
EnglishIndonesian

Kerelawanan Memupuk Kepedulian Lingkungan dan Kesehatan

Yayasan Dreamdelion Indonesia melalui Career Class, terus berupaya menciptakan ekosistem belajar yang bukan hanya berdampak bagi pesertanya tetapi juga dapat memberikan manfaat kepada sesama melalui program Volunteering Day yang berfokus pada pemberdayaan sosial dan pemberdayaan ekonomi kemasyarakatan.

Pada bulan Ramadan ini, kegiatan mengusung tajuk Ramadan Berkah tersebar di berbagai regional di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarkan keceriaan dan kegembiraan kepada banyak orang, mulai dari anak-anak hingga lansia. Berbagai kegiatan pun dirancang untuk mengisi bulan Ramadan agar lebih berkesan. 

Nilai gotong royong yang menjadi budaya Indonesia sangat melekat pada para panitia penyelenggara. Semua berlomba memberikan peran terbaiknya. Membaur dengan penerima manfaat dalam suasana yang akrab dan hangat. Selayaknya kerelawanan yang dilaksanakan membawa manfaat, para rangers ini penuh semangat.

Para relawan memiliki beragam alasan untuk merancang kegiatan ini dan itu membuat program ini semakin lengkap, kompak, dan tulus. Khofifah Barid selaku PIC Regional Yogyakarta mengungkapkan, “Alasan bergerak mengikuti kegiatan karena ingin berbagi kepada sesama di Bulan Ramadan ini, terutama kepada orang-orang yang belum pernah terjangkau. Senang bisa berkontribusi dalam kegiatan berbagi, senang tergabung dalam suatu kepanitiaan, juga ingin lebih mengenal dan bekerja sama dengan teman-teman Career Class di regional Yogyakarta dan sekitarnya.”

Kegiatan volunteering day regional Yogyakarta diadakan di SLB-C Wiyata Dharma, Sleman. Acara diisi dengan kegiatan menanam pohon dan edukasi mencuci tangan. Pandemi COVID-19 menjadi pengingat yang jelas bahwa mencuci tangan adalah salah satu cara paling sederhana untuk mencegah penyebaran virus. 

Cuci tangan pakai sabun merupakan perilaku sederhana, namun memiliki dampak luar biasa dalam pencegahan penyakit menular, karena tangan merupakan anggota tubuh yang sering sekali kita gunakan untuk menyentuh benda-benda lain. Sehingga tidak jarang kuman-kuman penyebab penyakit menempel di tangan dan menyebabkan penyakit. Sebut saja diare, demam tifoid (tipes), dan masih banyak jenis infeksi lainnya.

Bu Lestari, perwakilan SLB menyampaikan ungkapan terima kasih kepada teman-teman Career Class Regional Yogyakarta karena telah mengadakan acara di sana dan memberikan banyak bantuan. Terutama keperluan bahan pokok, mengingat kebutuhan makanan anak-anak di sekolah cukup banyak.

Kegiatan serupa juga diadakan di Panti Asuhan Mustika Tama karena jarak kedua lembaga tersebut berdekatan. Rangkaian agenda diisi dengan dongeng tentang pentingnya cuci tangan dan menyikat gigi dengan benar. 

Menurut WHO (World Health Organization) diseluruh dunia hampir 60-90% anak sekolah memiliki karies gigi dan hampir 100% orang dewasa memiliki gigi berlubang. Kebiasaan menggosok gigi yang baik dan benar dapat mencegah karies gigi, terutama pada usia anak-anak.

Masih kurangnya informasi yang diperoleh tentang perawatan kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang masih terjadi, sehingga perlu diadakan edukasi ke masyarakat. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan siswa dapat menerapkannya di setiap harinya, sehingga mengurangi kejadian karies gigi pada anak.

Setidaknya ada sekitar 70 anak sebagai penerima manfaat pada lembaga ini. Pak Paiman, selaku pengurus panti menyampaikan terima kasih atas kegiatan yang dilaksanakan dan berharap kegiatan seperti ini serta silaturahmi dengan panitia bisa berlanjut dan berkesinambungan.

“Anak-anak SLB sangat antusias dengan kedatangan kami. Mereka senang dan ceria sekali. Bahkan mereka sudah antusias sejak kegiatan belum dimulai sampai ketika kegiatan telah selesai,” Khofifah menceritakan keseruan bersama para penerima manfaat.

Kepanitian yang kompak, seru dan mengesankan, sangat terasa ketulusan dari teman-teman panitia. Semuanya bekerja dengan optimal dan penuh keceriaan. Saling berkoordinasi menyiapkan dan menyukseskan acara, lebih berempati kepada orang sekitar menjadikan Ramadan Berkah ini lebih berkesan. Mengingatkan bahwa setiap kita punya peran yang bisa diberikan dan menyebarkan lebih luas kepada orang lain. 

Serangkaian agenda takkan berjalan tanpa kerja sama dari berbagai pihak, para donatur, rekan panitia, pengurus SLB dan panti asuhan juga anak-anak yang begitu antusias dan menyambut penuh keakraban. Mengajarkan kita untuk terus berupaya membuka pintu-pintu kebaikan dan membagikan kegembiraan, mengisi hari dan hati di bulan penuh keberkahan.

Penulis : Tim Dreamdelion

× Mari berkolaborasi!
Share via
Copy link
Powered by Social Snap