Dreamdelion

EnglishIndonesian
EnglishIndonesian

Temani Oma di Panti Wreda, Berbagi Bahagia dengan Lansia.

Memasuki usia senja, lansia banyak membutuhkan dukungan ekonomi dan sosial untuk menjaga kualitas hidupnya. Serangkaian kegiatan telah dilaksanakan secara terkoordinasi antara pemerintah dan masyarakat untuk memberdayakan penduduk lanjut usia, sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya dan berperan aktif secara wajar dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Berbagai program bantuan sosial dan jaminan sosial ditujukan untuk lansia dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar, kesehatan, maupun kesejahteraan sosialnya. Tetapi, kita pun perlu mengambil peran dengan memberikan kontribusi sesuai kapasitas yang bisa diberikan.

Dreamdelion melalui teman-teman Career Class Regional Surabaya juga turut mengambil peran. Pada kegiatan Volunteering Day bulan April ini, menebar senyum bersama lansia di Panti Werdha Hargo Dedali yang berlokasi di Jl. Manyar Kartika IX No.22-24, Menur Pumpungan, Kec. Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur.

“Banyak lansia yang dititipkan di panti namun jarang dikunjungi anak atau kerabatnya. Sehari-hari lansia tersebut hanya berkomunikasi dengan sesama lansia atau petugas yang ada di panti jompo sehingga mungkin akan timbul kebosanan dan kurang kegembiraannya.” ujar Siti Malikhatin selaku penanggung jawab kegiatan ketika menceritakan alasan tergerak membuat kegiatan di panti wreda.

Para lansia terlihat senang kedatangan tamu dari Career Class. Seperti bertemu dengan cucu. Selayaknya cucu yang menyimak nasihat dari kakek dan neneknya, berikut beberapa catatan kami sebagai nasehat untuk kita bersama: Pertama, harus menjaga kejujuran. Kedua, selalu berbakti kepada orang tua di mana pun berada sebab kita tidak tahu berapa lama lagi kita akan bertemu orang tua dan ketiga, jangan lupa berbagi dalam kondisi apa pun.

Untuk mengisi kegiatan di panti, selain bercengkrama dengan sesama lansia, ada juga di antara mereka yang menciptakan lagu dan menyanyikannya di hadapan seluruh peserta. Melihat kegembiraan dan tawa lepas mereka rasanya sangat istimewa.

Di hari yang sama, teman-teman Career Class juga mengadakan kegiatan di Panti Asuhan Sahabat Yatim, Surabaya. Dari donasi yang terkumpul, diberikan kepada sekitar 40 orang lansia di panti wreda dan 40 anak di panti asuhan.

Kepada para lansia, panitia dan relawan berperan sebagai cucu yang menemani oma untuk mengisi masa tuanya. Dengan adik-adik di panti asuhan, berperan sebagai kakak yang menjadi teman dan guru untuk menggapai cita-cita.

Hangat dan penuh keharuan. ”Kapan datang lagi?”, tanya salah seorang pengurus Griya Werdha Hargo Dedali. “Terima kasih semoga sehat selalu dan lancar rejekinya. Terima kasih sudah mengunjungi oma, selalu berbakti kepada orang tua. Harus selalu menjaga kejujuran ya.”

Kegiatan volunteering yang menyasar lansia juga diselenggarakan oleh teman-teman dari regional Lampung dan wilayang di Jawa Tengah yang tergabung dalam regional Plat-K. “Menumbuhkan empati di dalam diri kami, terhadap orang tua baik di lingkungan keluarga sendiri dan di masyarakat agar dapat memuliakan mereka, memiliki waktu untuk bersama orang tua, karena mereka ingin memiliki teman ngobrol ketika hanya sendiri akan terasa sangat jenuh.”. kenang Wildan Naufal saat bercerita tentang pengalamannya berkegiatan di panti wreda.

Belajar menjadi pendengar yang baik memang satu skill yang harus dimiliki jika kita sedang berhadapan dengan orang lain. Menjadi pengingat untuk lebih banyak mendengar, tidak terburu-buru memberikan komentar. Apalagi, jika orang lain ternyata hanya butuh didengar seperti para lansia di panti wreda ini.

Melalui kegiatan volunteering day seperti ini, selain melatih empati, kita juga bisa mengasah kepedulian sosial lebih luas lagi. Membantu kita menemukan nilai dalam hidup dan lebih peka terhadap permasalahan lingkungan. Dan satu yang pasti, kebaikan sekecil apapun yang bisa kita lakukan jadi pemicu melakukan kebaikan-kebaikan lainnya.

Penulis: Tim Dreamdelion

× Mari berkolaborasi!
Share via
Copy link
Powered by Social Snap