Dreamdelion

EnglishIndonesian
EnglishIndonesian

Berbagi Hasil Panen Terong dan Kangkung dari Kebun Sejati untuk Sekitar

Berbagi dengan orang lain adalah bentuk terbaik mensyukuri apa yang telah didapatkan, salah satunya berbagi hasil panen dari Kebun Sejati untuk tetangga sekitar kebun. Sejak proses desain lahan di bulan Juli 2022, sayuran di Kebun Sejati telah dipanen sebanyak tiga kali. Panen pertama dan kedua dibagikan saat pelaksanaan Jajal Wae Trip 1 dan 2—yang merupakan program Dreamdelion di Ngawi dengan salah satu aktivitasnya yaitu berkebun, panen ketiga pada Senin, 17 Oktober 2022 yang juga merupakan panen pertama terbanyak yang bisa kami bagikan kepada para tetangga.

Kebun Sejati dibangun dengan tujuan untuk mencapai ketahanan pangan keluarga di masa depan, sebuah proses pengelolaan kebun yang dilakukan dengan hati. Sebelum menjadi kebun, lahan yang ada dipenuhi oleh pohon jati, sehingga perlu waktu untuk menyiapkan lahan hingga siap untuk ditanami. Namun, sebagian lahan tetap disisakan untuk tempat tumbuh pohon jati agar tetap berkelanjutan. Proses selanjutnya adalah membuat bedengan, penyemaian, perawatan tanaman, hingga akhirnya siap untuk dipetik dan dinikmati oleh tim Dreamdelion, peserta Jajal Wae Trip, dan masyarakat sekitar.

Panen di Kebun Sejati Dreamdelion Ngawi

Saat ini Kebun Sejati telah ditanamani berbagai tanaman seperti kangkung, bayam, pakcoy, terung, tomat, cabe, dan pisang. Kebun Sejati juga memiliki bunga zinnia dan bunga marigold untuk memperindah suasana kebun. Pada fase ini, kami belajar bahwa masih ada beberapa hal yang harus kami perbaiki agar ketersediaan sayuran segar dapat terpenuhi sepanjang waktu. Ke depan, Kebun Sejati juga akan menyediakan ayam petelur dan ikan air tawar agar tujuan ketahanan pangan dapat tercapai.

× Mari berkolaborasi!
Share via
Copy link
Powered by Social Snap