Dreamdelion

EnglishIndonesian
EnglishIndonesian

Dari Hidroponik Hingga Talk Show Parenting untuk Warga Tepi Rel Surabaya

Perayaan Hari Kemerdekaan menjadi sumber semangat bagi Dreamdelion menebarkan semangat juang dan pantang menyerah bagi sesama. Tanggal 21 Agustus 2022 dipilih menjadi waktu yang tepat untuk melaksanakan kegiatan kerelawanan di Sanggar Kapirel (Kampung Pinggir Rel) Surabaya. Sanggar Kapirel merupakan lokasi binaan Dreamdelion dalam mendampingi anak-anak yang tinggal di Kampung Pinggir Rel agar memiliki pendidikan yang layak. Kali ini Dreamdelion menggandeng volunteer dari Program Career Class asal Surabaya untuk menyemarakkan acara dalam menyambut kemerdekaan ini.

Kegiatan dilaksanakan dalam dua hari, yang mana hari pertama diwarnai dengan keseruan kelas tematik menanam hidroponik untuk anak-anak. Kelas tematik yang mengusung tema Lingkungan Sahabat Kita ini dipimpin langsung oleh Novi, salah satu volunteer yang memiliki pengalaman di bidang tersebut. Tak hanya menanam hidroponik, anak-anak juga diajak menghias tanaman. Kegiatan pelestarian lingkungan ini dipilih karena keadaan lingkungan pinggir rel yang cukup gersang, sehingga volunteer ingin memfasilitasi kebutuhan masyarakat akan memiliki kampung yang hijau nan asri.

Setelah mengikuti rangkaian kegiatan lingkungan, para volunteer mengenalkan anak-anak terkait mitigasi bencana melalui permainan untuk membangun kesadaran dan kemandirian terkait apa yang harus dilakukan pertama saat terjadi bencana. Gempa yang terjadi di daerah Cianjur sebelumnya menggerakkan volunteer meluaskan informasi tentang pentingnya mitigasi bencana. Kegiatan ini secara efektif dilakukan melalui bercerita ulang dalam tulisan untuk memastikan pemahaman mereka. Sebagai penutup kegiatan hari pertama, anak-anak diajak untuk field trip dengan berkunjung ke Museum Pendidikan Surabaya. Sungguh mengasyikkan ya?

Hari kedua kegiatan, volunteer menyasar para orang tua anak berupa talkshow parenting dan pameran hasil karya menghias tanaman dan hidroponik anak-anak. Acara ini diadakan karena mengingat pentingnya peran orang tua dalam tumbuh kembang anak sehingga orang tua perlu dibekali wawasan terkait pengasuhan anak. Diskusi parenting ini diikuti oleh 12 orang tua dan dipimpin oleh volunteer Dian Fatmala yang berlatar belakang lulusan psikologi dan bekerja sebagai guru BK. 

Tentunya kegiatan ini disambut baik oleh seluruh warga dan salah seorang ibu menyampaikan perasaannya sebagai berikut.

“Ini pertama kalinya ada kegiatan yang memberikan ilmu melalui talkshow parenting. Terlebih saat itu ada salah seorang anak binaan yang mengalami bullying. Kami orang tua wali pun berharap acara seperti ini bisa dilakukan kembali karena mereka merasa terbantu dengan program ini.”

Tanggapan baik masyarakat mendorong semangat volunteer Dreamdelion untuk melanjutkan memberikan dampak baik kepada masyarakat. Dreamdelion berkomitmen agar kegiatan seperti ini tidak terputus mengingat adanya kebutuhan dari warga sekitar.

 

× Mari berkolaborasi!
Share via
Copy link
Powered by Social Snap