Dreamdelion

EnglishIndonesian
EnglishIndonesian

Hobi Memasak Ibu Lilik Berhasil Menggerakkan Ekonomi Keluarga

Berawal dari hobinya yang suka memasak, Ibu Lilik Indriatin berhasil menjadi Kepala Produksi Jajal Wae Food karena ketelatenannya dalam menciptakan dan mengkreasikan menu-menu baru yang menjadi produk andalan di Jajal Wae Food. Jajal Wae Food merupakan salah satu unit usaha yang dibentuk oleh Yayasan Dreamdelion Indonesia bekerjasama dengan Tokopedia. 

Jajal Wae Food berisikan Ibu Rumah Tangga yang memiliki semangat yang tinggi dalam mengembangkan kapasitas di bidang memasak. Sebelum produk keluar di pasaran, Ibu-Ibu ini dilatih oleh Chef berpengalaman agar bisa menghasilkan produk yang sesuai dengan standar dan bisa dijual di pasaran. Selama pelatihan ini berlangsung, Ibu Lilik Indriatin menjadi salah satu Ibu yang memiliki daya juang dan semangat yang tinggi serta produk yang dihasilkan melalui tangan beliau tidak diragukan lagi cita rasanya.

Hari-hari Ibu Lilik Indriatin tidak memiliki pekerjaan tetap, hanya saja ketika hari besar seperti Hari Lebaran dan Hari Natal, beliau berjualan kue kering hingga bisa memasarkan produknya ke luar daerah Ngawi. Namun, karena keterbatasan pemahaman mengenai pemasaran produk, akhirnya usahanya hanya bisa hidup pada saat periode-periode tertentu saja. 

“Saya suka sekali mencoba masakan-masakan baru dan kadang-kadang coba-coba untuk menjualkannya di sekitar Gentong (nama Desa di Ngawi) Mbak. Kalau pada saat hari Lebaran Idul Fitri dan Lebaran Idul Adha sama Natal, biasanya jajanan kue kering saya laku sekali. Namun, ketika saya mencoba untuk menjualkannya di hari biasa, kok malah tidak laku. Bingung cara memasarkannya bagaimana Mbak..” tutur Ibu Lilik Indriatin menjelaskan pekerjaannya sehari-hari.

Untuk membantu Ibu-Ibu yang memiliki permasalahan yang sama seperti Ibu Lilik dimana bingung bagaimana cara untuk memulai usaha dan mempertahankan usahanya. Dreamdelion hadir dengan berbagai kegiatan yang bisa menciptakan dan meningkatkan pola pikir wirausaha bagi Ibu-Ibu.

Selama proses pelatihan, Dreamdelion menggali potensi dari masing-masing Ibu. Khususnya Ibu Lilik, terlihat sangat cakap sekali dalam memimpin Ibu-Ibu lainnya agar semangat dan bisa menciptakan produk yang sesuai dengan standar yang diciptakan oleh Chef. Hingga akhirnya, tim Dreamdelion mengangkat bu Lilik menjadi Kepala Produksi Jajal Wae Food hingga produk tersebut bisa terjual ke berbagai daerah di Indonesia bahkan ke luar pulau Jawa.

“Senang sekali, dengan bergabung di pelatihan yang diberikan oleh Dreamdelion, saya bisa memahami apa sebenarnya kebisaan yang saya miliki. Ketika diangkat menjadi Kepala Produksi, hati saya berdesir antara senang dan deg-degan Mbak. PR besar setiap hari adalah menjaga agar produk-produk yang keluar dari dapur Jajal Wae Food bisa dinikmati oleh banyak orang dan kualitasnya bisa terjaga.”

Peran baru yang membuat kebiasaan Ibu Lilik berubah seratus persen. Setiap pagi, setelah mengurus sang suami dan anak, Ibu Lilik berangkat ke rumah produksi dan menyiapkan bahan-bahan yang akan dieksekusi pada hari tersebut. Membagi peran antara keluarga dan usaha adalah salah satu tantangan bagi Ibu Lilik dimana biasanya satu hari selalu berada di rumah dan menyiapkan segala keperluan rumah tangga, semenjak memegang tanggung jawab ini, Ibu Lilik menghabiskan separuh harinya di rumah produksi Jajal Wae Food. Untungnya, dukungan dari sang suami membuat Ibu Lilik semakin bersemangat dalam mengembangkan dirinya. Sang Suami mendukung penuh aktivitas yang dilakukan oleh Ibu Lilik asalkan memberikan dampak positif bagi perkembangan diri sendiri dan tidak mengenyampingkan keluarga.

“Semenjak menjalankan usaha Jajal Wae Food, akhirnya saya bisa membantu suami untuk membiayai sekolah anak saya di pesantren Mbak. Biaya di pesantren tidak murah, tapi saya yakin, rezeki pasti selalu ada bagi orang-orang yang mau berusaha. Allah jawab doa saya melalui perantara usaha Jajal Wae Food ini. Saya jadi banyak aktivitas dan bisa menghasilkan uang. Senang sekali bisa memberi jajan anak dari keringat saya sendiri.” tutur Ibu Lilik penuh haru kepada tim Dreamdelion yang menyambanginya.

Dreamdelion berupaya menciptakan lingkungan yang inklusif bagi semua orang tidak terkecuali wanita untuk tumbuh dan berdaya berdiri diatas kaki mereka sendiri.

 

× Mari berkolaborasi!
Share via
Copy link
Powered by Social Snap