Dreamdelion

EnglishIndonesian
EnglishIndonesian

Gerakan Kerelawanan Ciayumajakuning Ngariung Membangun Manfaat

Hayu Ngariung Jeung Barudak Ngaji, adalah semangat yang dibangun oleh volunteer yang berasal dari Career Class yang berasal dari Cirebon, Ciayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) untuk berkumpul saling tolong-menolong pada sesama. Berawal dari kebahagiaan berkumpul bersama anak-anak pengajian, kegiatan volunteering ini dilakukan sebagai bentuk berbagi, membangun empati, serta upaya memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk berkontribusi bagi masyarakat. 

Volunteer berkolaborasi dengan Jalan Amalku, suatu komunitas sanggar mengaji yang dirintis oleh Deana, peserta Career Class 2022 bersama teman-temannya. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 21 Agustus 2022 lalu di Mushola Al Fatah, Sendang Sari, Kuningan, Jawa Barat kegiatan ini menyasar anak-anak dan orang tuanya.

Anak-anak dengan asyik berpartisipasi pada lomba-lomba khas Agustusan yang diselenggarakan volunteer seperti lomba estafet karet, estafet air, memasukkan paku, makan kerupuk, bahkan lomba tentang wawasan keislaman yang dikemas dalam bentuk lomba menyusun puzzle. Sedangkan untuk para orang tua, volunteer menyediakan layanan tes kesehatan gratis seperti cek tekanan darah dan gula darah yang dilayani langsung oleh volunteer yang berlatar belakang tenaga kesehatan. Bagi yang membutuhkan, para tenaga kesehatan ini juga menyediakan pengobatan yang diperlukan. 

Tanpa disangka kegiatan ini mendapat banyak apresiasi dari para penduduk di desa setempat. Bahkan Kepala Dusun, Kepala Desa, Kepala BPD hingga karang taruna ikut hadir dan memberikan sambutan hangat. Mereka merasa kagum karena ada komunitas anak muda yang aktif dalam kegiatan sosial seperti volunteering ini. Mereka juga berterima kasih kepada komunitas Dreamdelion dan Career Class karena sudah membangun komunitas yang peduli pada masyarakat sekitar.

Bagi para volunteer kegiatan ini menjadi pemantik semangat mereka untuk berbagi dengan masyarakat luas. Di tengah kesibukan pekerjaan komitmen untuk terus berkarya semakin berkibar. Audina Sholicha, selaku koordinator acara mengaku mensyukuri kekompakan, keakraban, dan keaktifan semua pihak meskipun baru pertama kali bertemu di acara volunteering.

Tak hanya sampai di sini, kegiatan seperti ini terus dilanjutkan dengan sasaran yang lebih luas lagi. Tak hanya anak dan orang tua, pada bulan November 2022 diadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan untuk lansia di Panti Werda Hasannah Cirebon. Para lansia mengaku sangat senang dengan kehadiran Dreamdelion di sana. Mereka merasa terhibur dan terbantu dengan kegiatan yang dilakukan. Meski terdapat keterbatasan perbedaan bahasa yang digunakan karena gap umur di antara mereka, kegiatan seperti ini selalu menjadi semangat dan inspirasi bagi para volunteer.

Aku percaya umur bukan sekedar angka, dan hidup bukan sekedar durasi. Melainkan, hidup adalah bagaimana kita berkontribusi bagi masyarakat luas. Selagi kita masih muda dan punya daya, mari kita berperan dan memberikan manfaat yang seluas-luasnya bagi masyarakat.”– Audina Sholicha.

 

× Mari berkolaborasi!
Share via
Copy link
Powered by Social Snap