Dreamdelion

EnglishIndonesian
EnglishIndonesian

Berbagi Bahagia pada Pahlawan Keluarga Melalui Career Class Kediri

Akhir pekan atau hari libur nasional adalah waktu bebas yang ditunggu-tunggu untuk beristirahat atau berkumpul bersama keluarga. Tetapi bagi peserta Career Class yang berasal dari Kediri, hari libur adalah kesempatan untuk memberi kembali kepada komunitas mereka melalui kerelawanan. Pada hari libur nasional dalam memperingati kemerdekaan Indonesia. Sekitar 15 orang volunteer dari Career Class regional Kediri tergerak untuk melakukan volunteering day. Merayakan kemerdekaan dengan melakukan pelayanan dan bernostalgia dengan para lansia di Pondok Lansia An-Nur Kediri yang terletak Tosaren, Kecamatan Pesantren, Kediri. 

Berbeda dengan panti Jompo, pondok lansia ini merupakan tempat istirahat bagi lansia sekaligus membantu mereka mendekatkan diri dengan Tuhan melalui aktivitas keagamaan yang dilakukan. Di sisi lain, pondok ini tidak menyediakan tenaga kesehatan untuk merawat anggotanya.

Para volunteer yang juga terdiri dari tenaga medis menginisiasi kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis dan secara swadaya menyediakan alat tes untuk menunjang kegiatan ini. Tak hanya itu, penyuluhan kesehatan tentang bagaimana cara mempertahankan gula darah yang normal dan gaya hidup sehat juga disampaikan. Acara dikemas dengan aktivitas yang seru bersama dengan para lansia dengan tetap menjaga adab dan nilai kesopanan, seperti lomba tebak gambar yang berlangsung ringan dan penuh tawa.

Semua kegiatan ini diikuti oleh enam belas lansia yang merupakan anggota Pondok Lansia An-Nur. Mereka mengaku sangat gembira dan terhibur dengan kehadiran kegiatan ini. Mereka berharap tes kesehatan yang dilakukan saat acara bisa diadakan terus secara rutin. Tanggapan yang baik ini juga disambut hangat oleh para volunteer

Zahra, selaku koordinator kegiatan juga mengekspresikan rasa syukurnya karena baik volunteer maupun peserta benar-benar hadir dan aktif terlibat. “Tanpa mereka, acara ini tidak akan ramai”, ucap Zahra. 

Buah dari kegiatan ini adalah munculnya komitmen kuat Career Class regional Kediri untuk melakukan aksi sosial secara rutin. Sampai saat ini, paling tidak sebulan sekali Career Class regional Kediri melakukan aksi berbagi makanan pada minggu ketiga setiap bulannya. Sebanyak 50 nasi kotak untuk makan siang dibagikan secara gratis bagi para pedagang kaki lima, kaum dhuafa, tukang parkir, dan tukang becak yang ada di Kediri. Terdapat 2 tim yang terbagi dalam mendistribusikan nasi kotak ke 4 titik Kota Kediri, yaitu alun-alun kota, daerah Gudang Garam Semampir, Jalan Doho, dan Pasar Semampir Kediri.

Saat membagi-bagikan nasi kotak, tak lupa para volunteer menyapa para pejuang untuk keluarganya ini dengan kalimat, “Bapak adalah pahlawan untuk keluarga bapak.” Harapannya, dengan berbagi nasi kotak untuk makan siang, dapat menyemangati para pahlawan keluarga yang sedang berjuang mencari rezeki. Kegiatan ini memberikan dampak yang positif bagi semua pihak. Tidak perlu jauh-jauh, kebahagiaan ternyata bisa dapatkan dari orang sekitar.

 

× Mari berkolaborasi!
Share via
Copy link
Powered by Social Snap