Dreamdelion

Kisah Sukses Ibu Raimah Berdaya dari Program Elok bu Ibu Dreamdelion

Ibu Raimah adalah contoh cemerlang dari kekuatan transformatif program pemberdayaan Dreamdelion bernama Elok by Ibu. Melalui kerja keras dan tekadnya, dia telah mampu mengatasi banyak tantangan yang dihadapi dalam kehidupan. Berusia 40 tahun dengan memiliki 2 orang anak, Ibu Raimah tinggal di Rusun Pinus Elok, Cakung, Jakarta Timur sejak tahun 2014.

Sebelum bergabung dengan Elok by Ibu, ia merupakan seorang pedagang kaki lima di ITC Cempaka Mas, Jakarta. Ibu Raimah berjualan kaos kaki hingga kartu perdana. Sebelum tinggal di Rusun, Ibu Raimah tinggal di daerah Pedongkelan, Jakarta Barat, yang kemudian mengalami penggusuran tempat usaha dan tempat tinggal. 

Upaya Dreamdelion melalui program Elok, membuat Ibu Raimah telah menerima dukungan dan sumber daya yang diperlukan untuk membantunya membangun pengalaman dan pengetahuan agar memiliki keadaan ekonomi yang lebih baik dari sebelumnya walaupun sudah tidak muda lagi. Ibu Raimah telah menerima pendampingan yang menciptakan keterampilan baru, seperti keterampilan menjahit berbagai macam tas, keterampilan membangun relasi, hingga literasi keuangan. 

Kini Ibu Raimah berhasil memiliki penghasilan tambahan, berelasi dengan Gifu Sovenir, Inde, hingga bekerjasama dengan Bank Indonesia. Sembari menjalankan bisnis kecilnya sendiri dengan menjadi admin menerima pesanan dari customer Elok by Ibu, Ibu Raimah tetap mengurus rumah tangga dengan baik hingga membantu suami berdagang es teh di depan rusun.

Semakin tinggi pohon tentu semakin kuat pula angin yang menerpa. Dalam perjalanan membangun usaha Ibu Raimah menghadapi berbagai tantangan seperti kebocoran workshop yang mengakibatkan ia harus membersihkan workshop setiap kali memulai bekerja. Teman seperjuangannya pun sudah tidak sebanyak saat awal program ini dimulai, yang membuat ia sempat kewalahan apabila pesanan sangat banyak. Belum lagi jika terjadi kerusakan mesin pekerjaan menjadi terkendala karena harus menunggu mesin diperbaiki terlebih dahulu.

Namun dari berbagai tantangan yang harus dihadapi ini, Ibu Raimah juga belajar banyak hal baru. Tantangan inilah yang membuat Ibu Raimah semakin kuat dan berdaya. “Semoga usaha ini tambah maju, tambah sukses, tambah banyak orderan, semakin banyak ibu jahit yang bergabung, sehingga semakin banyak keuntungan yang diperoleh.” Harap Ibu Raimah. Perjalanan Ibu Raimah ini merupakan bukti dampak positif dari program Elok by Ibu bagi individu dan masyarakat.

 

× Mari berkolaborasi!
Share via
Copy link