Dreamdelion

Career Class Volunteering Day: Cinta dari Jakarta hingga Malang

Salah satu komitmen Dreamdelion dalam pemberdayaan masyarakat tertuang dalam program Career Class Volunteering Day. Kali ini peserta Career Class Jakarta, Karawang, Malang, hingga Lumajang melakukan kegiatan kerelawanan bertajuk Membagi Cinta. Inisiasi kegiatan ini dimulai dari kesadaran volunteer tentang kebutuhan akan cinta para anak panti asuhan dan para lansia di panti jompo. 

Sugiyarto, koordinator kegiatan di Karawang menyampaikan,“Mengunjungi panti asuhan dan panti jompo sebenarnya menjadi kegiatan yang menggetarkan hati. Karena berjumpa dengan anak-anak yang membutuhkan cinta dari orang tua, dan berjumpa dengan opa oma yang membutuhkan cinta dari anak. Saya berharap kegiatan ini dapat memberi arti bagi mereka.” 

 

 

Kegiatan terlaksana pada Bulan Agustus dan November dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan dan Hari Pahlawan. Perayaan kemerdekaan dan hari pahlawan menjadi momen yang dipilih untuk membagikan semangat perbaikan kepada sesama. Kegiatan di panti asuhan diwarnai dengan acara bermain, menyanyi, dan menari dilingkupi canda tawa bahagia. Para volunteer juga memberikan kebutuhan dasar hingga makanan ringan untuk anak maupun pengasuh yang diperoleh dari donatur acara.

Sedangkan di panti jompo, donasi yang terkumpul dimanfaatkan untuk membelanjakan kebutuhan hidup lansia seperti popok, perlengkapan mandi, makan, dan kebutuhan dasar lainnya. Semangat para volunteer disambut hangat oleh lansia maupun pengurus yang berada di panti. Meski keadaan lansia beragam dan penuh keterbatasan untuk beraktivitas, acara berlangsung hangat dan menyenangkan. Para lansia pun sangat bersemangat mengikuti lomba-lomba sederhana seperti estafet balon dan estafet karet menggunakan sedotan. Kegiatan ini sekaligus melatih motorik para lansia dan dianggap menghibur karena mendatangkan canda tawa yang meriah.

“Jangan menyerah untuk mengejar apa yang dicita-citakan.” Ucap seorang nenek asal Blitar yang dulunya berkarir sebagai guru olahraga. Pesan dan nasehat tentang pembelajaran hidup juga disampaikan oleh para lansia kepada volunteer yang merupakan generasi muda bangsa.

Persiapan singkat dan sederhana tetap membuat volunteer kompak menghadirkan kegiatan yang bermanfaat. Komitmen untuk berkontribusi menyebarkan kebermanfaatan untuk sesama terus dilanjutkan oleh para volunteer. Mereka berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk tetap terhubung dengan teman-teman di Career Class dan juga Dreamdelion.

 

× Mari berkolaborasi!
Share via
Copy link