Dreamdelion

EnglishIndonesian
EnglishIndonesian

Elok by Ibu

Awal kehadiran Dreamdelion di Rusunawa Pinus Elok adalah untuk mengadakan kegiatan belajar sambil bermain bersama anak-anak dalam program Dreamdelion Cerdas melalui Sanggar Belajar Pendidikan Karakter. Seiring berjalannya waktu, Dreamdelion menerima permintaan dari Kepala Rusun Bapak Meidi untuk mengadakan kegiatan pemberdayaan ekonomi bagi ibu-ibu yang menghuni rusun, di mana mayoritas tidak memiliki pekerjaan, sementara ada kebutuhan ekonomi yang tinggi.

Bagi ibu-ibu Rusunawa Pinus Elok, Cakung, Jakarta Timur, kesempatan mengikuti program Elok by Ibu menjadi harapan di tengah keterbatasan akses terhadap lapangan kerja. Berfokus pada kemandirian ekonomi perempuan, Dreamdelion menghadirkan program keterampilan berkelanjutan untuk produksi cinderamata dan produk rumah tangga.

Elok by Ibu hadir untuk memberi kesempatan ibu-ibu Rusunawa mempelajari keterampilan baru, memulai bisnis sendiri dari minus, dan memperkuat masa depan ekonomi keluarga mereka. Penerima manfaat yang merupakan ibu rumah tangga ini berasal dari latar belakang ekonomi terbatas di mana mayoritas mengandalkan pendapatan dari pekerjaan informal suami seperti penjual makanan, petugas kebersihan, pemulung, tukang bangunan, dan lain-lain.

Dengan pelatihan dan pendampingan yang intensif, kini produk Elok by Ibu banyak dipasarkan sebagai souvenir pernikahan, acara perusahaan, dan lainnya. Dibuat dengan hati-hati dan detail, program ini menghasilkan produk yang unik dan berkualitas tinggi. Seperti halnya Bu Raimah dan Bu Ririn yang memanfaatkan kesempatan ini dengan tangan terbuka, kini para ibu-ibu Rusunawa telah berhasil mengubah kehidupannya, kehidupan keluarganya, dan menjadi panutan bagi perempuan lain di komunitasnya. Beberapa di antara penerima manfaat saat ini sudah memiliki pekerjaan di garmen, pulang kampung dan membuka usaha sendiri dengan keterampilan yang dimiliki, dan menjadi wirausaha dengan kreasi produk yang diajarkan selama masa pelatihan dan pendampingan.

#ElokbyIbu #WomenEmpowerment #UsahaSosial

× Mari berkolaborasi!