RamadhanDelion – Mabit Mantab : Mandiri, Taqwa, dan Berprestasi

RamadhanDelion merupakan acara pesantren Ramadhan yang dilaksanakan oleh Sanggar Belajar Dreamdelion. Dengan bertemakan “Mabit Mantab: Mandiri, Taqwa, dan Berprestasi”, kegiatan ini diharapkan bisa mengisi waktu luang anak-anak rusun dengan kegiatan positif dan dapat meningkatkan ketaqwaan dan akhlak anak-anak di Rusun Pinus Elok.

RamadhanDelion ini berlangsung pada hari Sabtu-Minggu, 18-19 Mei 2019 di Aula A5 Rusun Pinus Elok dan dihadiri oleh 48 peserta yang berusia 5-14 tahun. Mereka merupakan anak-anak yang tinggal di kawasan Rusun Pinus Elok dan telah mengikuti kelas Sanggar Belajar Dreamdelion selama satu semester ini. Sekitar 10 volunteer juga terlibat dalam acara ini sebagai kakak pembimbing yang mendampingi peserta selama acara berlangsung.

Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Sanggar Dreamdelion, Maryam Khomariyah, dilanjutkan dengan pemberian materi melalui kisah-kisah Nabi dan Sahabat yang mengajarkan tentang akhlak atau karakter yang baik, seperti sopan satun, cinta kebersihan, berbakti kepada orang tua, dermawan, tawadhu, dan pemberani. Acara kemudian dilanjutkan dengan ceramah oleh Ustadz Nurfahmi Islami Kaffah yang memberikan ceramah seputar ketaqwaan dan pentingnya berpuasa. Setelah itu, semua peserta buka puasa bersama dengan ditemani hiburan Nasyid yang dibawakan oleh Dhelika Robytantra, lead singer dari grup nasyid El Fatah. Acara selanjutnya yaitu solat magrib berjamaah, makan besar, solat Isya dan Tarawih berjamaah.

Tak hanya berkutat dengan acara inti, RamadhanDelion diselingi dengan permainan ranking 1 yang diikuti oleh semua peserta. Setelah permainan berakhir dan mendapatkan pemenangnya, peserta kemudian diarahkan untuk tidur. Keesokan harinya, acara dimulai dengan solat tahajud pukul 3 pagi, dilanjutkan dengan sahur bersama dan solat subuh berjamaah. Di penutup acara, MC memberikan hadiah kepada peserta paling aktif dan juga peserta yang menang dalam beberapa permainan selama acara berlangsung. Selain itu, peserta juga mendapatkan bingkisan sebagai bentuk terima kasih karena telah berpartisipasi aktif selama acara ini.

Acara yang diadakan hanya satu kali dalam satu tahun ini, diharapkan dapat  menambah wawasan keagamaan baru dan juga meningkatkan ketaqwaan anak-anak Rusun Pinus Elok. Seperti namanya, RamadhanDelion ingin menebar kebaikan di Bulan Ramadhan sehingga anak-anak Rusun Pinus Elok dapat menjadi insan yang berperilaku baik dan patuh kepada perintah-perintah Allah.

Add Comment

six + 5 =