Menggerakkan Kreativitas Masyarakat, Yuk Mengenal Dreamdelion Lebih Jauh!

Menggerakkan Kreativitas Masyarakat,  Yuk Mengenal Dreamdelion Lebih Jauh!

Dreamdelion yang merupakan komunitas bisnis sosial yang diinisiasikan pada 18 Juli 2012 ini telah dikenal luas dan berhasil memberdayakan masyarakat untuk mewujudkan mimpinya. Adapun masyarakat tersebut terdapat di lokasi bantaran kali Manggarai, Jakarta, desa Sumberanum, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Dalam pemberdayaan masyarakat, Dreamdelion memiliki tiga program unggulan, yakni Dreamdelion Kreatif, Dreamdelion Sehat, dan Dreamdelion Cerdas.

Dreamdelion Kreatif memiliki tujuan untuk membekali peserta pemberdayaan. Pada awalnya Dreamdelion Kreatif ini disebut Manggarai Berkarakter, karena saat itu Dreamdelion masih berfokus pada masyarakat Manggarai saja. Tujuan dari Manggarai Berkarakter adalah untuk membangun karakter masyarakat di Manggarai, khususnya ibu rumah tangga. Karena seringkali terjadi tumpang tindih tugas dengan tim lain, nama Dreamdelion Kreatif ini kemudian berganti nama menjadi Dreamdelion Kreatif.

Dreamdelion Kreatif yang awalnya diikuti 7 orang ini pun berkembang. Dreamdelion yang tadinya fokus pada masyarakat Manggarai kemudian melebarkan sayap hingga ke Yogyakarta dan Jawa Timur. Adapun pelatihan yang diajarkan oleh Dreamdelion ini berupa pelatihan hardskill maupun softskill. Pelatihan hardskill ini dilakukan dengan mengajak masyarakat untuk mempelajari cara pembuatan kerajinan tangan dengan menggunakan mesin produksi. Adapun pelatihan softskill dilakukan dengan melatih bagaimana cara manajemen keuangan, memasarkan produk, bernegosiasi, dan berkomunikasi yang baik dengan berbagai pihak.

Tidak hanya sampai di situ, Dreamdelion Kreatif juga mengajak kerjasama berbagai pihak dalam pengembangannya. Kerjasama itu dilakukan dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Imigrasi (Kemenakertrans) dan Rumah Perubahan Rhenad Kasali. Kerjasama ini dilakukan dalam rangka menyelenggarakan pelatihan kerajinan tangan bersama 25 ibu rumah tangga yang bekerja sebagai pekerja lepas, penjual makanan, dan pencuci laundry. Tidak hanya ibu rumah tangga, peserta lanjut usia pun juga turut hadir dalam pelatihan tersebut.

Written by : Leovita A

Add Comment

10 − 4 =