Makanan ikonik dari Surabaya : Pecel Semanggi

Makanan ikonik dari Surabaya : Pecel Semanggi

Pecel Semanggi dari Surabaya

Matahari belum cerah sempurna, akan tetapi kaki kami tegap menapak pelataran Masjid Agung Surabaya untuk berburu makanan ikonik dari Surabaya. Minggu pagi itu, kami rela bangun dan bergegas lebih  awal untuk mencari penjual pecel semanggi. Memang, butuh usaha sedikit ekstra untuk dapat mencicipi makanan ini karena distribusinya yang sudah cukup langka. Penjual semanggi, hanya bisa ditemukan di titik-titik tertentu di Surabaya, di antaranya taman bungkul, masjid agung, dan jl. Rajawali.

Kenapa bersusah-payah mencari pecel semanggi? Selain bahwa pecel ini adalah kuliner yang khas Surabaya, pecel semanggi juga memiliki cita rasa yang unik dan berbeda. Meski bernama pecel, bumbu kuliner ini memiliki campuran selain kacang, juga ubi rambat dan gula merah. Biasanya, pecel semanggi disajikan dengan kerupuk puli besar yang sungguh menambah kelezatan. Pecel semanggi juga menjadi lebih menarik karena harganya yang ramah kantong, berkisar 5 – 15 ribu rupiah.

Muasal Semanggi

Jika terlampaui sulit bertemu pecel semanggi di Surabaya Kota, kita bisa mengunjungi Kampung Kedung, Benowo di daerah Surabaya barat untuk menikmati kuuliner ini. Sebab, dari Benowolah persediaan semanggi berasal.  Sehingga, dapat ditemukan banyak penjual semanggi dengan bakul keranjang anyam dan kain jarit di daerah ini.

Awalnya, tumbuhan semanggi, dengan daun yang biasanya berkelopak empat di tiap tangkainya, tumbuh liar di persawahan Kampung Kedung. Menemukan peluang, semanggi kemudian dibudidayakan, dan dijadikan bahan makanan oleh masyarakat Benowo. Dengan harapan, semanggi dapat menjadi  sumber bagi  mata pencaharian.

Khasiat Semanggi

Di samping lezat dan ramah kantong, mengkonsumsi pecel semanggi dapat membantu kita mengatasi beberapa gangguan kesehatan. Daun semanggi dengan kandungan flavonoid, polifenol, tanin, asam oksalat saponin, zat samak, dan minyak atsiri dapat digunakan untuk mengobati infeksi saluran kencing, keterlambatan haid, menurunkan tekanan darah tinggi mengatasi neurasthenia, flu-demam, diare, radang tenggorokan, bahkan hepatitis.

Nah, obat-able banget, kan? Nggak rugi, deh, memburu pecel semanggi.

Membuat Semanggi

Jika tak juga sempat bertemu bakul pecel semanggi, kita bisa membuat pecel semanggi sendiri. Bahannya mudah didapat. Kita hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti daun semanggi, tauge, juga kerupuk puli. Caranya pun sangat mudah,  cukup merebus tauge dan menyiapkan bumbu. Agar lebih jelas, kami sudah menyiapkan ringkasannya:

Bahan Semanggi :

 

  • daun semanggi secukupnya, direbus
  • tauge secukupnya, diseduh dengan menggunakan air panas
  • kerupuk puli

 

Bumbu Semanggi :

  • 1 sendok makan kacang tanah goreng, lalu diuleg kasar
  • ½ sendok makan petis
  • 3 sendok makan ketela rambat atau ubi rebus yang dihaluskan
  • Gula merah sesuai selera
  • Air secukupnya

 

Cara Membuatnya :

 

  • Uleg setengah halus gula merah, garam, dan kacang tanah
  • Masukkan ketala rambat dan petis. Uleg lagi hingga semua bahan menyatu
  • Beri air secukupnya dan aduk rata hingga menyerupai saus kental
  • Letakkan daun semanggi di atas piring, biasanya bakul semanggi menyajikannya di daun pisang pincuk
  • Beri tauge rebus di atasnya, lalu siram dengan sausnya
  • Tambahkan cabai bagi pecinta pedas
  • Sajikan bersama kerupuk puli di atasnya

 

Pecel semanggi sudah mulai tak banyak dijual. Padahal, pecel semanggi adalah salah satu kuliner kekayaan Surabaya yang layak dijual dan dibanggakan. Kuliner ini tak boleh hilang. Sebab itu, penting bagi kita untuk turut melestarikan pecel semanggi. Yuk, tuku pecel semanggi, rek!

#dirgahayusurabayaku

Add Comment

one × two =