Kiprah Dreamdelion Sehat di Yogyakarta: Bersama Membangun Desa Wisata!

Kiprah Dreamdelion Sehat di Yogyakarta:  Bersama Membangun Desa Wisata!

Rainbow Project memiliki fokus kegiatan meliputi (1) konservasi DAS Progo melalui penanaman bantaran kali, pembuatan lahan demplot pewarna alam dan rumah semai, (2) pelatihan pemanfaatan tanaman pewarna alam dan pengelolaan desa wisata. Kegiatan-kegiatan tersebut melibatkan masyarakat desa Sumberarum dan juga para volunteer dari berbagai instansi di Yogyakarta seperti Pusat Studi Lingkungan Hidup Universitas Sanata Dharma (PSL USD), Indonesia Movement of Biodiversity (IMoB), Fakultas Biologi UGM, Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) Fakultas Kehutanan UGM, Komunitas untuk Jogja, KKN UPN, dan volunteer perseorangan lainnya. Dukungan juga diberikan oleh instansi pemerintah seperti BPDAS Serayu-Opak-Progo yang memberikan bibit untuk penghijauan.

Hingga saat ini, Dreamdelion Sehat bersama masyarakat dan volunteer telah menginisiasi banyak kegiatan, seperti pengembangan kegiatan pertanian organik, pelatihan pembuatan kompos dan pestisida organik, pelatihan menyemai dan menyapih bibit tanaman, pembuatan bibit untuk kegiatan penanaman, survei konservasi di bantaran sungai Progo, penanaman pewarna alam dan penanaman pohon untuk konservasi bantaran sungai Progo, monitoring tanaman, dan beberapa kegiatan lainnya dengan pusat kegiatan berada di Rumah Semai Organik, Rumah Semai Tanaman Konservasi, dan Pewarna Alam yang dibangun bersama masyarakat.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dreamdelion Sehat ini mendapat tanggapan yang positif dari masyarakat. Seperti yang diutarakan oleh Dita Inata, salah satu volunteer dari IMoB, “Bisa menempa diri bersama Dreamdelion Sehat sungguh pengalaman luar biasa. Kami berbagi kesadaran mencintai dan menebar kebaikan bagi lingkungan, menyulam asa bersama mereka mewujudkan bantaran Progo yang lebih hijau.” Namun demikian, Agus, salah satu volunteer, mengusulkan bahwa perlu adanya pelatihan bagi volunteer ataupun anggota Dremdelion dalam pengelolaan lingkungan hidup.

“Saya rasa elemen Dreamdelion Sehat perlu meningkatkan kemampuan mengenai pengelolaan lingkungan hidup agar cita-cita Progo yang lebih hijau bisa dengan cepat terlaksana. Mungkin adanya pelatihan bisa mendorong peningkatan itu,” ucap salah satu mahasiswa dari UGM tersebut.

Perlahan namun pasti, cita-cita Dreamdelion Sehat di Yogyakarta terhadap kondisi kesehatan masyarakat dan kondisi lingkungan desa Sumberarum ditingkatkan secara nyata. Kegiatan-kegiatan lain telah disiapkan untuk menunjang pengembangan desa wisata berbasis budaya “tenun Rainbow stagen” dan lingkungan “konservasi bantaran Progo”. Kegiatan yang dilakukan dengan menggandeng masyarakat dan berbagai instansi itu diharapkan semakin besar dan berdampak nyata kepada masyarakat Sumberarum. Seperti nilai yang dianut Dreamdelion yaitu “berkolaborasi”, Dreamdelion selalu mengajak semua lapisan masyarakat tersebut untuk bersama membangun desa wisata di Sumberarum.

Written by : Dipta B | Photo by : Anita W

Add Comment

6 − 3 =