Ilmu dari Manggarai: Social Visit NSBC 2014

Ilmu dari Manggarai: Social Visit NSBC 2014

Alone we can do so little, together we can do so much.”

– Helen Keller.

 

Jalan-jalan seru pulangnya dapat ilmu, siapa sih, yang nggak mau?

Hal inilah yang diperoleh para peserta Social Visit. Masih dalam rangkaian National Social Business Competition (NSBC) 2014, Social Visit merupakan agenda kunjungan ke pelaku bisnis sosial, dalam hal ini Dreamdelion Manggarai. Salah satu tujuannya adalah untuk mengajak para finalis National Competition melihat dan terlibat langsung kegiatan yang biasa dilakukan Dreamdelion.

Dari kegiatan ini, para peserta dapat langsung berinteraksi dengan masyarakat dan belajar bagaimana pendekatan kepada masyarakat yang memerlukan binaan. Selain itu, para peserta juga dapat belajar membuat produk-produk Dreamdelion dari hasil tangan masyarakat Manggarai. Sebagian peserta juga dapat merasakan bagaimana caranya membimbing dan berbagi kebahagiaan kepada adik-adik Manggarai di sanggar belajar Dreamdelion.

 

We make a living by what we get. We make a life by what we give.

– Winston S. Churchill.

 

Keinginan Dreamdelion untuk menginspirasi lebih banyak orang membuat Social Visit ini diadakan sebanyak dua kali, yaitu dalam pre-event dan main event NSBC 2014. Social Visit I dilaksanakan pada Minggu, 21 September 2014 di Manggarai. Agenda ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Gerakan Manggarai Sehat (GEMAS) Dreamdelion.

GEMAS merupakan salah satu kegiatan tahunan dari divisi Dreamdelion Sehat yang dimulai sejak tahun 2012. Tahun 2014 adalah GEMAS IV yang diadakan oleh Dreamdelion Sehat. Sebanyak 500 kupon pemeriksaan dan pengobatan gratis dibagikan pada warga di RW 04 dan RW 012 Manggarai. Ada pula penyuluhan Kesehatan Reproduksi (KesPro) bagi remaja dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi warga hadir dalam kegiatan ini.

Social Visit II lebih semarak dan istimewa karena dihadiri oleh 33 orang peserta dari 15 tim finalis National Competition NSBC 2014. Acara ini diadakan pada hari Minggu, 9 November 2014, masih di tempat yang sama, yaitu RW 04 dan RW 12 Manggarai. Para peserta berkesempatan menilik ilmu dari empat tempat kegiatan di Manggarai.

Empat titik kegiatan yang dikunjungi oleh para peserta, yaitu, Grabear, vertikultur, sanggar belajar, dan produksi produk dengan bahan dasar jeans. Di RW 04, para peserta dapat melihat dan belajar secara langsung produksi Grabear (Graduation Bear), boneka wisuda yang terbuat dari limbah kertas. Selain itu, peserta dapat melihat vertikultur milik warga RW 04. Vertikultur adalah sistem budidaya pertanian yang dilakukan secara vertikal atau bertingkat. Sistem ini dapat dilakukan di dalam ruang maupun luar ruang. Masih di tempat yang sama, peserta juga berkesempatan untuk bertemu dengan adik-adik di sanggar belajar. Setelah itu, para peserta juga berkunjung untuk melihat pembuatan produk berbahan dasar jeans di RW 12 Manggarai.

Melihat keseruan yang hadir selama Social Visit II, rasanya tak cukup satu hari untuk belajar bersama masyarakat Manggarai ini. Titi Sari Nurul, Ketua NSBC 2014, mengatakan bahwa Social Visit merupakan salah satu upaya agar 15 tim terpilih dapat merasakan langsung suasana social entrepreneur dan semakin termotivasi untuk berkontribusi dalam masyarakat luas.

Written by : Nisrina Putri

Add Comment

18 + 17 =