Gerakan Masyarakat Sehat (GEMAS) Dreamdelion, Menumbuhkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Manggarai

Gerakan Masyarakat Sehat (GEMAS) Dreamdelion,  Menumbuhkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Manggarai

Melihat kondisi masyarakat Manggarai yang mayoritas tidak menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Dreamdelion Sehat yang saat itu dipimpin oleh Faiqa Himma Emalia, tergerak memberdayakan masyarakat daerah tersebut untuk lebih peduli terhadap kesehatan warganya melalui kegiatan GEMAS (Gerakan Masyarakat Sehat). Hingga saat ini, kegiatan yang selalu melibatkan banyak komunitas dan masyarakat umum dalam pelaksanaaanya ini telah terlaksana sebanyak 6 kali.

Kegiatan GEMAS pertama kali dilaksanakan pada tahun 2013 dengan tujuan mengetahui kondisi kesehatan warga Manggarai. Hal ini diutarakan oleh Jihan Rigel, Ketua Kegiatan GEMAS I, “Kegiatan ini dilakukan untuk pendeteksian dan assesment awal kesehatan masyarakat Manggarai yang kedepannya menjadi titik awal pembuatan work plan dan program-program yang akan dijalankan Dreamdelion Sehat kedepan.” Diawali dengan senam jantung sehat dan pembagian bubur kacang hijau, assesment selanjutnya dilakukan dengan bantuan 50 orang dari dokter volunteer, NUFA Fakultas Ilmu Keperawatan UI, dan Fakultas Farmasi UI. Kegiatan yang dihadiri 500 warga Manggarai itu turut memperoleh bantuan dari beberapa LSM seperti Dompet Dhuafa, PKPU dan ACT dengan menyumbangkan obat-obatan yang diberikan gratis pada masyarakat.

Di tahun yang sama, Dreamdelion Sehat kembali melanjutkan kesuksesan kegiatan GEMAS I melalui kolaborasi dengan BEM FIB UI 2013. Dreamdelion Sehat menyelenggarakan kegiatan GEMAS II dengan target 250 warga lanjut usia. Pelaksanaan program tersebut juga dilengkapi dengan kegiatan lain seperti penyuluhan mengenai lingkungan yang bersih untuk ibu-ibu serta kegiatan bermain dan belajar bersama untuk anak-anak di lingkungan RW 04 Manggarai.

Di tahun 2014, Dreamdelion Sehat berkolaborasi dengan FKG UI untuk melaksanakan kegiatan GEMAS III. Kegiatan yang berfokus pada kesehatan gigi tersebut merupakan penawaran dari para Co-ass FKG UI. Euis Ratna Sari, Ketua Dreamdelion Sehat mengungkapkan bahwa, “Kami terima kerjasama dengan FKG UI karena Dreamdelion Sehat juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kondisi kesehatan masyarakat.” Hal ini menunjukan komitmen Dreamdelion terhadap kesehatan warga Manggarai.

Kepedulian terhadap remaja Manggarai terlihat dari kegiatan GEMAS IV dimana 150 peserta dari 500 warga merupakan remaja Manggarai. Dibantu oleh Rumah Panda FKM, screening (penyaringan kasus kesehatan) kepada remaja dilakukan untuk mengetahui perilaku bebas yang terjadi di antara remaja Manggarai yang berdampak pada tingginya pernikahan usia dini. Selain bekerjasama dengan Rumah Panda FKM, Dreamdelion Sehat turut membuka rekrutmen dokter volunteer bagi para dokter yang telah memiliki legalitas. Tenaga jasa turut dibantu oleh ITHPS dan para apoteker yang berasal dari Fakultas Farmasi UI. Pelaksanaan GEMAS IV juga mendapat dukungan sponsor dari banyak pihak, sebut saja Bank Indonesia, Dompet Dhuafa, Danone, ACT, PKPU, dan banyak sponsor lainnya. Kegiatan semakin marak dengan adanya publikasi dari Radio RTC UI.

Setelah jeda selama satu tahun, upaya soft opening (lagi) dilakukan sembari melaksanakan kegiatan GEMAS V dengan tema “Manggarai Sehat, Manggarai Berkualitas”. Dreamdelion Sehat melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan secara gratis serta talkshow terkait pentingnya hidup sehat. Dengan Membawa misi Dreamdelion untuk selalu bersinergi, kegiatan ini bekerja sama dengan CIMB Niaga dan Dompet Dhuafa serta melibatkan 10 Dokter, 4 Ahli Gizi, 3 suster, 6 apoteker, dan 37 volunteer, sehingga 175 warga dapat memperoleh layanan kesehatan secara gratis, 1748 obat-obatan terdistribusikan, dan 200 anak-anak terlibat dalam permainan edukatif terkait dengan kesehatan dan lingkungan. Hal ini seperti yang diungkapkan Diana sebagai Koordinator Dreamdelion, “Bagaimanapun kami mengupayakan Dreamdelion Sehat selalu bersinergi dengan banyak pihak agar banyak pula pihak yang bisa terlibat memberikan manfaat untuk banyak orang.”

GEMAS VI hadir di bulan Juni 2016 dengan tema bertajuk “Manggarai Peduli Kesehatan Gigi”. Kegiatan ini mengajak 150 anak dari Sanggar Dreamdelion untuk sadar mengenai pentingnya kesehatan gigi. Kegiatan yang memperoleh dukungan dari Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Moestopo, Pepsodent, dan Rumah Zakat ini menjadi menarik dengan adanya tarian mengenai kesehatan gigi yang dilakukan oleh anak-anak sanggar. Tarian yang melibatkan huruf yang bertuliskan “Gosok Gigilah” menjadi daya tarik di kegiatan tersebut. Acara yang dikemas secara menarik ini juga mengadakan pemeriksaan gigi gratis, penindakan (pencabutan) bila diperlukan, serta penyuluhan mengenai pentingnya merawat gigi. Selain itu, pengemasan acara yang menarik bagi anak-anak juga dimaksudkan untuk menarik minat anak-anak terhadap kegiatan sanggar Dreamdelion Sehat yang menjadi salah satu program yang dilaksanakan di sana.

Kegiatan yang dikemas melalui program GEMAS hingga saat ini mendapat sambutan baik dari masyarakat. Dreamdelion Sehat berharap hal ini berdampak positif terhadap kesehatan masyarakat di sekitar Manggarai sehingga kualitas hidup masyarakat di sana semakin baik dan mensukseskan program pemerintah melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Written by : Dipta B

Add Comment

5 − four =