Elokbyibu : Dari Dreamdelion Untuk Ibu Rusun Pinus Elok Semakin Mandiri

“Educate a woman and you educate her family. Educate a girl and you change the future.”

     Sebagai yayasan yang bergerak di bidang community empowerment, Dreamdelion berkomitmen untuk terus menjalankan misinya mewujudkan aksi kolaborasi untuk mengembangkan potensi lokal dan meminimalisasi tantangan sosial. Salah satu bentuk perwujudan misi tersebut adalah dengan adanya program ElokbyIbu.

     ElokbyIbu merupakan kegiatan pemberdayaan ibu-ibu Rusun Pinus Elok Blok A Cakung, Jakarta Timur oleh Dreamdelion yang bekerja sama dengan Bank Indonesia DKI Jakarta. Pada pelaksanaannya, para ibu didampingi dan dilatih menjahit untuk membuat produk-produk rumah tangga seperti totebag, tas lipat, dompet tisu, pouch, sarung bantal dan guling, membuat bros, serta produk rumahan lainnya.

       Produk yang dihasilkan kemudian dijual secara online melalui sosial media Instagram, juga platform perdagangan elektronik seperti Tokopedia dan Shopee. Sedangkan pemasaran offline dilakukan dengan mengikuti pameran/bazar seperti yang telah dilaksanakan di pameran/bazar kampus UHAMKA, kantor Bank Indonesia, dan kantor Jamsostek. Proses pemasaran dilakukan langsung oleh ibu-ibu yang tergabung dalam program pemberdayaan ElokbyIbu sebagai bentuk pelaksanaan dari pembekalan keterampilan teknis. Tak hanya pelatihan keterampilan teknis dan non-teknis, ibu-ibu program ElokbyIbu pun berkesempatan melakukan sesi konsultasi dengan psikolog sebagai bentuk pendampingan secara psikologis.

     Sampai saat ini terdapat 18 ibu dari Rusun Pinus Elok Blok A, Cakung, Jakarta Timur yang sudah berkabung dengan program ElokbyIbu. Bersama dengan usaha meningkatkan kualitas jahitan, ibu-ibu rusun juga mulai menerima pesanan terkait produk rumah tangga. Dengan diadakannya program ini diharapkan mampu menambah wawasan dan kemampuan serta harapan agar meningkatkan kondisi perekonomian ibu-ibu rusun.

      Kunjungi laman http://instagram.com/ElokbyIbu untuk melihat katalog produk hasil kreativitas ibu-ibu Rusun Pinus Elok Blok A Cakung, Jakarta Timur bersama Dreamdelion.

Add Comment

three + six =