Dreamdelion Surabaya: Sebuah Awal yang Baik

Dreamdelion Surabaya: Sebuah Awal yang Baik

Di kota Surabaya, kalian mungkin termasuk yang beruntung tinggal di perumahan atau di perkampungan yang masih terjamah oleh petugas-petugas pengangkut sampah dan memiliki lahan yang cukup luas untuk pembuatan tempat sampah per rumah. Sehingga tidak bingung untuk membuang sampah, tidak perlu untuk memikirkan pengelolaan atau pengolahan sampah selanjutnya. Padahal mungkin sebagian besar dari kalian melek akan informasi tentang pengolahan sampah, misal 3R (Reduce, Reuse, Recycle) atau kompos yang memungkinkan kalian dapat mempraktikannya.

Tapi bagaimana dengan mereka yang kurang beruntung seperti ibu-ibu Kampung Dolanan, mereka tinggal di tempat yang sangat minim lahan kosong. Bahkan untuk tempat sampahpun tidak ada, karena memang padatnya rumah yang tidak memungkinkan untuk membuat tempat sampah dan tidak ada petugas yang mengambil. Jadi selama ini sampah mereka dibakar di sebuah lahan atau dibuang ke sungai di sekitar kampung tersebut. Jangan marah dan berburuk sangka yaa… Bukan mereka malas ataupun tdk peduli lingkungan tetapi karena memang keadaan yang memaksa dan ditambah lagi pengetahuan yang kurang dalam pengelolaan dan pengolahan sampah.

Tapi ternyata setelah dilakukan sosialisasi mengenai sampah, cara pengelolaan dan pemanfaatan sampah, mereka memiliki semangat dan kemauan luar biasa untuk mengatasi masalah persampahan di kampungnya. Kami dari Dreamdelion Surabaya sampai kagum dan terharu atas semangat ibu-ibu tersebut saat mengajak mereka untuk bersama-sama menangani masalah sampah di lingkungan mereka. Mereka mau belajar dan mempraktikkan pelajaran yang sudah kami bagikan dengan semangat. Padahal ada ibu-ibu yang tidak bisa baca, yang kalau diberi handout materi cuma dilihat gambar-gambarnya saja, namun ibu ini tetap semangat dengan bertanya. Kami berkumpul dan belajar di pinggir rel kereta (namun rel tersebut sudah jarang dilewati kereta) karena memang di situ tempat mereka biasa berkumpul mengadakan kegiatan.

Kami Dreamdelion mohon doa dari teman-teman untuk terus bisa menjaga semangat ibu-ibu di Kampung Dolanan ini. Dan juga atas kelancaran seluruh kegiatan yang akan kami lakukan bersama dan ibu-ibu di Kampung Dolanan. Kami sangat senang dan sangat terbuka jika ada dari teman-teman yang ingin bergabung dengan kami untuk bersama-sama turun tangan membantu ibu-ibu Kampung Dolanan mencari jalan keluar akan kecemasan dan kebingungan mereka. 😄😉😃😀😊. Yuk menerapkan ilmu yang sudah kita dapatkan 😁😁

 

Written by Triadna Febriani Aabidah – Intern Dreamdelion Surabaya Batch 7

Add Comment

3 × four =