Dreamdelion Siapkan Beasiswa untuk Anak Sanggar yang Berprestasi dan Berkarakter

Scholarship Dreamdelion Cerdas adalah program beasiswa di bawah divisi Dreamdelion Cerdas. Melalui Scholarship Dreamdelion Cerdas, Dreamdelion berupaya memfasilitasi kesulitan-kesulitan ekonomi yang mungkin anak-anak sanggar temui ketika mewujudkan impian mereka, terutama yang berkaitan dengan keterbatasan dana pendidikan. Scholarship ini berawal dari Persatuan Pelajar Mahasiswa Muslim di Jepang yang menyisihkan uang sakunya untuk disumbangkan ke sanggar Dreamdelion. Kini, donatur beasiswa tidak hanya dari Persatuan Pelajar Mahasiswa Muslim di Jepang saja, tapi juga terbuka bagi siapa saja yang ingin menjadi donatur.

Ada dua jenis beasiswa, yaitu beasiswa perorangan dan beasiswa kelompok. Beasiswa perorangan adalah beasiswa dengan target perorangan berdasarkan kebutuhan pendidikan mereka. Beasiswa ini diberikan dalam bentuk barang kebutuhan pendidikan atau dana yang akan disimpan dan dikelola penggunaannya oleh pihak Dreamdelion Cerdas, seperti biaya les, alat tulis, dan seragam sekolah. Sementara beasiswa kelompok adalah beasiswa dengan target seluruh siswa sanggar Dreamdelion Cerdas, baik chapter Jakarta maupun Yogyakarta. Tujuan dari beasiswa ini adalah untuk memberikan berbagai jenis program edukasi untuk membuka cakrawala dan pengetahuan anak-anak sanggar yang mungkin belum didapatkan di bangku sekolah, misalnya wisata edukasi, kelas inspirasi, dan sebagainya.

Beasiswa ini memiliki kriteria khusus untuk penerima beasiswa. Anak-anak yang mempunyai karakter baik menjadi pertimbangan utama. Kemudian kriteria selanjutnya adalah prestasi anak di sekolah, berasal dari keluarga yang tidak mampu, dan benar-benar membutuhkan dana pendidikan. Sehingga sebelum beasiswa tersebut diberikan, diadakan proses penyeleksian oleh tim Scholarship Dreamdelion Cerdas.

Tahap awal proses penyeleksian adalah evaluasi dan review anak-anak sanggar Dreamdelion Cerdas. Kemudian akan diajukan nama yang direkomendasikan untuk mendapat beasiswa, yaitu anak-anak yang berperilakuan baik dan berprestasi. Selanjutnya adalah proses wawancara, di mana mereka akan ditanya tentang sekolah dan kondisi keluarga.

Untuk memperkuat kebenaran informasi, tim Scholarship Dreamdelion Cerdas melakukan kunjungan ke rumah orang tua anak, apakah mereka benar-benar dari keluarga yang kurang mampu atau tidak. Survei ke sekolah juga dilakukan untuk mengetahui nilai akademik dari nilai rapor yang ada. Selanjutnya adalah menanyakan hal-hal yang dibutuhkan anak penerima beasiswa untuk kebutuhan pendidikan mereka. Pada tahap akhir, dipilihlah nama anak yang berhak memperoleh beasiswa. Proses pelaksanaan beasiswa tersebut berlangsung selama satu tahun. Semua ini dilakukan agar beasiswa jatuh di tangan yang tepat serta anak yang mendapatkan beasiswa memang anak yang benar-benar membutuhkan bantuan tersebut.

Written by : Enggar Tri Lestari

Add Comment

three + eighteen =