Ketersediaan air bersih merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan kehidupan makhluk di muka bumi. Bumi kita sebenarnya memiliki persediaan air bersih yang cukup melimpah. Namun, setiap tahunnya terdapat jutaan  orang yang meninggal disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan kurangnya ketersediaan air bersih, sanitasi, dan kebersihan. Masalah ketersediaan air bersih juga akan berdampak pada keamanan pangan dan kesempatan mengakses pendidikan bagi anak-anak dari keluarga tidak mampu dari seluruh dunia.

Selain ketersediaan air bersih, komunitas dan kota yang berketahanan   dan berkelanjutan menjadi sorotan tersendiri di tengah pesatnya pertumbuhan masyarakat di dunia. Mempertahankan kota sebagai penyedia lapangan pekerjaan dan kesejahteraan masyarakat tanpa merusak tanah dan sumber daya yang ada merupakan salah satu tantangan tersendiri bagi keberlanjutan kota dan komunitas. Hal itu dapat dilakukan dengan penggunaan sumber daya yang efektif dan pengurangan polusi. Kemudahan akses energi, transportasi, dan tempat tinggal bagi masyarakat di seluruh kota merupakan tujuan yang ingin dicapai di masa depan.

Isu yang tidak kalah penting yaitu berkaitan dengan perubahan iklim yang terjadi. Hal itu berdampak pada perubahan cuaca, kenaikan air laut, cuaca ekstrim, dan suhu bumi yang terus naik.  Perubahan iklim merupakan tantangan global yang tidak memandang batas-batas negara. Emisi ada di mana-mana dan mempengaruhi semua orang di manapun mereka berada. Hal ini menjadi suatu isu yang membutuhkan solusi dan koordinasi di tingkat internasional untuk membantu menyelesaikan  berbagai permasalahan tersebut.

Berangkat dari berbagai kesadaran atas isu-isu tersebut, Project Management Institute, melalui Project Management Challenge 2017  mengadakan sebuah acara sebagai media untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya kemampuan manajemen proyek, khususnya dalam hal solusi terhadap tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

Berbeda dari tahun sebelumnya, PMC 2017 mengangkat  tema yang lebih luas, yaitu Support United Nation’s Sustainable Development Goals to transform our world by creating project based on: (1) Goals #6. Clean Water and Sanitation, (2) Goals #11. Sustainable Cities and Communities, (3) Goals #13. Climate Action. Dengan turut berpartisipasi dalam PMC 2017 ini, mahasiswa diharapkan dapat menggali ilmu-ilmu tentang manajemen proyek, mengasah kemampuan softskill, menggugah lingkungan di sekitar mereka dan memberikan aspirasi mereka sebagai calon pemimpin masa depan.

Dalam Project Management Challenge 2017 ini, peserta akan membuat sebuah Mini Project Master Plan untuk mengatasi berbagai permasalahan terkait dengan tema pembangunan yang berkelanjutan. Selain itu, PMC 2017 juga akan mengajak para peserta untuk merasakan warisan kebudayaan Jawa seperti Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Istana Air Taman Sari, Pusat industri batik, penghasil kerajinan perak di Kota Gede, Candi Prambanan dan masih banyak tempat lainnya yang akan dikunjungi.

Dengan bergabung dan mendaftarkan diri di PMC 2017 ini, kamu dapat berkontribusi dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang manajemen proyek dari para praktisi terkemuka. Kamu juga akan mendapatkan teman-teman baru dari berbagai negara di Asia Pasifik.

Menarik bukan? Tunggu apa lagi? Yuk segera daftarkan tim-mu dan sampaikan idemu untuk dunia yang lebih baik di bit.ly/REG_PMC2017 sebelum 4 Maret 2017!

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Ms. Sara (+62 821 7775 8493) atau PMChallenge2017@gmail.com .

Kunjungi juga media sosial kami untuk update informasi PMC 2017;

 

Line : @qdi6915z

Facebook : Project Management Challenge Indonesia

Instagram : PMC_Indonesia

Twitter : PMC_Indonesia