Bermula dari wacana kami (saya dan mbak Ocit ) untuk menghabiskan bahan pewarna alam dengan membuat workshop. Kemudian terpikirkan untuk berkolaborasi dengan komunitas di Malang atau Surabaya. (Karena posisi di Kediri, mencari tempat terdekat). Kemudian terhubung dengan komunitas Gerakan Melukis Harapan Surabaya dari kakak Alia. Persiapan pun hanya dalam waktu satu minggu haha.
Di Surabaya, kami banyak mendapatkan banyak pembelajaran dan inspirasi. Lemme share a little bit.

Jumat, 13 Januari 2017
Sore itu hujan turun begitu derasnya, kami sampai di sebuah gang kecil di pinggir jalan. Sedikit kaget karena mobil tidak bisa masuk gang. Akhirnya mas Mustofa datang dengan membawa jas hujan. Kami berjajar berjalan menyusuri gang layaknya barongsai haha. Kampung Kenjeran adalah kampung kecil yang letaknya diapit oleh rel kereta api dan sungai.
Sampailah kami di rumah mas mustofa. Ada beberapa komunitas yang telah hadir seperti Komunitas Padi Pari dan Sanggar Pelangi. Disini kita sharing banyak hal tentang pemberdayaan dan bercerita banyak tentang pengalaman. Selain itu, kami mendengarkan mimpi besar karang taruna Kampung ini untuk memajukan kampungnya lewat permainan tradisional. Semangatnya begitu luar biasa. (ditunggu festivalnya ya)

Sabtu, 14 Januari 2016
Pagi hari kami sudah dibuat pusing oleh ketidakcocokan maps yang di share Fauzan dengan maps yang ada di uber haha setelah berputar-putar tenyata lokasinya ada di pinggir jalan yang kita lewati. Agenda pertama hari ini adalah perkenalan (asik punya banyak teman baru) dan sharing tentang kegiatan kami masing-masing ketika melakukan pemberdayaan dan pendampingan. Setelah itu, teman-teman mengikuti serangkaian workshop natural Tie dye. Mereka sangat bersemangat karena ini adalah pengalaman pertama mereka berkreasi dengan tie dye. Setelah foto bersama dan bagi2 doorprize, kami beristirahat dan kemudian melanjutkan perjalanan ke UKM yang ada di eks lokalisasi dolly. Ibu-ibu dari UKM Samijali menceritakan kisah-kisah awal pembentukan UKM ini hingga berhasil mengembangkannya bersama teman-tema GMH.

Terima kasih teman-teman Gerakan Melukis Harapan Surabaya atas keramahannya dan bersedia berkolaborasi di acara workshop kecil-kecilan kali ini. Terima kasih sudah berpartisipasi dalam kampanye Weaving for Life. Terima kasih juga telah memberikan kami banyak inspirasi. Kami banyak belajar dari kalian semua. Semoga kedepan ada hal yang bisa dikolaborasikan kembali.

Written by : Evaulia | Photo by : Yosua Pelamonia